Top Menu

Lima Maskapai Layani Penerbangan Bengkulu

Boarding pass Lion Group (Lion Air, Batik Air dan Wings Air)
dari Jakarta menunju Bengkulu.FOTO: Komi Kendy
MENJADI sebuah daerah destinasi wisata, lancarnya akses transportasi menjadi sebuah keharusan. Akses yang terdiri dari sarana dan prasarana angkutan untuk kemudahan mencapai tempat-tempat yang ingin dikunjungi sangat penting. Baik udara, laut maupun darat.

Perbaikan akses sarana dan prasarana inilah yang beberapa tahun terakhir terus mendapat perbaikan dari pemerintah. Mulai dari perbaikan kondisi bandara berikut kelengkapan fasilitasnya. Lalu tersedianya angkutan bus Damri dari Bandara Fatmawati Soekarno-Sungai Hitam-Bandara Fatmawati Soekarno dan lain-lain.

Salah satu transportasi yang menjadi primadona wisatawan berkunjung ke Bengkulu, yakni menggunakan jalur udara. Dengan mengendarai pesawat, jarak 804,1 km (data google map) yang biasa ditempuh sehari semalam (sekitar 20-24 jam) menggunakan bus, bisa dicapai 1-2 jam saja.
Selain hemat waktu, dari segi ongkos bedanya pun tipis.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Bengkulu, saat ini sudah ada lima maskapai yang melayani penerbangan secara langsung. Berikut ulasannya :

1.      Lion Air

Dalam sehari, Lion Air melayani penerbangan Bengkulu-Jakarta-Bengkulu hingga delapan kali. Sejak Juni 2013, penerbangan bertambah menjadi dua kali via Batam (BTH) Hang Nadim. Dari Bengkulu (BKS) ke Jakarta (Cengkareng/CGK) jadwalnya :
-          Pukul 06.00 WIB
-          Pukul 09.55 WIB
-          Pukul 14.45 WIB
-          Pukul 18.20 WIB

Sebaliknya dari Jakarta (Cengkareng/CGK) ke Bengkulu (BKS) jadwalnya :
-          Pukul 08.00 WIB
-          Pukul 12.50 WIB
-          Pukul 16.25 WIB
-          Pukul 19.20 WIB

Khusus penerbangan Bengkulu-Batam langsung jadwalnya pukul 06.30 WIB. Sementara Batam-Bengkulu pukul 17.55 WIB.

Harga tiket baik Jakarta-Bengkulu-Jakarta atau Batam-Bengkulu-Batam fluktuatif antara Rp 350 ribu up to Rp 1 juta. Tipsnya jika ingin bepergian menggunakan pesawat, booking lah tiket dari jauh-jauh hari agar harga tiketnya lebih murah. Bisa cek-cek juga di situs www.traveloka.com atau www.tiket.com.

2.      Citilink

Citilink melayani dua kali penerbangan sehari dari Bengkulu-Jakarta 14.15 WIB dan pukul 12.15 WIB Jakarta Bengkulu. Citilink sendiri merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia yang notabene milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pesawat ini terbilang banyak dipilih sebagai alternatif tiket bertarif rendah dibanding perusahaan induknya.

3.      Sriwijaya

Maskapai penerbangan Sriwijaya terbang dua kali sehari pukul 10.40 WIB Bengkulu-Jakarta dan pukul 08.50 WIB Jakarta Bengkulu.

4.      Batik Air
Batik Air menjadi satu-satunya maskapai yang take off dari Bandara Halim Perdana Kusuma ((HLP) menuju Bengkulu. Berangkat pukul 16.00 WIB. Bila ingin berangkat dari Jakarta Timur dan sekitarnya, pakai Batik Air lebih cepat menuju bandara. Lalu jika ingin ke Jakarta, dari Bengkulu Batik Air berangkat pukul 18.50 WIB.

5.      Garuda Indonesia
Diantara empat maskapai lainnya, kelas penerbangan Garuda Airlines bisa dikatakan lebih ekslusif. Jika harga tiket empat maskapai diatas hanya termasik airport tax dan bagasi, tiket Garuda include makan/snack. Termurah, harga tiketnya berada di level Rp 600 ribuan.
Dalam sehari ada tiga kali penerbangan langsung (non transit) Garuda Airlines. Dari Jakarta ke Bengkulu pukul  07.25 WIB dan pukul 14.05 WIB. Sementara dari Bengkulu ke Jakarta pukul 16.10 WIB.(ken)


Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates